INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER

INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER

Sebelum saya membahas tentang Hubungan / Interaksi Manusia Dengan Komputer, saya ingin bertanya terlebih dahulu. Sebenarnya apa si yang dimaksud Hubungan / Interaksi Manusia Dengan Komputer? Mengapa mereka harus mempunyai sebuah interaksi / hubungan? Dan bagaimana itu dapat terjadi dan dapat dikatakan sebagai sebuah interaksi / hubungan?
Sekarang kita bahas terlebih dahulu sejarah terbentuknya sebuah hubungan manusia dengan komputer. Awal munculnya pencetusan adanya hubungan antara komputer dengan manusia yaitu pada tahun 1970-an.
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Lalu pada pertengahan tahun 1980-an muncullah sebuah bidang studi yang baru kita kenal dengan human-computer interaction (HCI) yaitu sebuah bidang studi yang tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik tetapi mempunyai focus yang lebih luas. Tidak hanya dengan fisiknya saja.
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful: fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
Used: Terlihat baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi
Itulah kilasan tentang sejarah awal munculnya pengenalan tentang interaksi / hubungan manusia dengan computer. Pembahasan selanjutnya yaitu Paradigma interaksi / hubungan manusia dengan computer
Paradigma Interaksi Manusia dengan Komputer
Paradigma : Sistem interaktif yang berhasil /sukses pada umumnya diyakini akan mening-katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.

Jenis Paradigma
1. Time-Sharing
♦ Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user
♦ Meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem
2. Video Display Units (VDU)  
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda
Mampu memvisualisasikan abstraksi data
3. Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya
4. Komputer Pribadi (Personal Computing)
♦ Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal.
5. Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers)
♦ Interaksi Manusia dan Komputer M2 - Prinsip, Paradigma Interaksi & Desain Proses 2/13
♦ Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda
6. Metapora (Metaphor)
Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya.
Contoh metapora (dalam domain PC):  
♦ Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling
Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik
7. Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
♦ Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat.
♦ Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get)
8. Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
♦ Bahasa digunakan oleh user untuk berkomu-nikasi dengan interface
Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user
9. Hypertext
♦ Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan infor-masi secara random dan browsing asosiatif.
Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random.
10. Multi-Modality
♦ Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi pada manusia.
♦ Contoh channel komunikasi pada manusia : visual (mata), haptic atau peraba  (kulit), audio (telinga).
11. Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)
♦ Perkembangan jaringan komputer memung-kinkan komunikasi antara beberapa  mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup.
♦ Sistem CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk.
♦ Contoh CSCW: e-mail (electronic mail)

Dari pembahasan di atas, sekarang saatnyalah saya membahas lebih mendalam yang merupakan inti dari materi ini.
IMK (Interaksi Manusia Dengan Komputer) merupakan suatu kondisi dimana terdiri dari sebuah proses, kegiatan, dan dialog yang dengan melaluinya pengguna dapat berinteraksi dengan computer. Maksudnya yaitu adanya sebuah proses timbal balik antara pengguna dengan computer sehingga dalam penyelesaian masalah atau suatu kegiatan dapat dielesaikan dengan waktu yang sesingkat mungkin.
Model IMK melibatkan 3 komponen yaitu :
♣ Pengguna
♣ Interaksi
♣ Sistem
Tujuan interaksi manusia dengan komputer
  • Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
  • Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan. dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi: Manusia mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan terus di Internet. Audio konten juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.
Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk komunikasi dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita.
Konsep Dasar Interaksi Manusia dengan Komputer
- WYSIWYG (What You See is What You Get) : merupakan salah satu prinsip
   dasar dalam mendesain interaksi antarmuka aplikasi yang ramah pengguna.
-  Fokus awal pada pengguna dan tugas : Yaitu menetapkan banyaknya pengguna
    yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas dan menentukan siapa
    pengguna yang tepat untuk melakukannya.
-   Pengukuran empiris : Menguji antarmuka awal dengan pengguna yang nyata
    yang selalu kontak dengan antarmuka pada dasar harian.
-   Desain iteratif (berulang) : Setelah menentukan pengguna, tugas, dan pengukuran empiris, selanjutnya melakukan desain iteratif berikut dengan langkah :
o   Desain antarmuka
o   Pengujian
o   Hasil Analisa
o   Pengulangan

Mengapa IMK sangat dibutuhkan?
Dari pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Interaksi antara Manusia dengan Komputer(IMK) sangatlah penting dan saling berkaitan satu sama lain. Mengapa demikian? Karena tanpa komputer maka manusia tidak dapat mengerjakan suatu kegiatan atau aktivitas yang memerlukan sebuah alat teknologi yang canggih. Begitu pun dengan computer tanpa adanya manusia maka komputer hanyalah barang rongsokan yang tidak berguna bagi siapa pun karena tidak ada yang mengoperasikan alat tersebut (komputer). Dengan menggunakan komputer manusia dapat mengerjakan aktivitas dan kegiatannya dengan mudah dan komputer dengan adanya manusia maka akan berkembang menjadi suatu alat yang canggih dan dapat berguna dan bermanfaat bagi kehidupan manusia di alam ini.

Daftar Pustaka : 
  http://irawanversie.blogspot.com/2013/01/interaksi-manusia-dan-komputer.html




Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar