Sebelum saya membahas tentang Hubungan / Interaksi Manusia Dengan Komputer, saya ingin bertanya terlebih dahulu. Sebenarnya apa si yang dimaksud Hubungan / Interaksi Manusia Dengan Komputer? Mengapa mereka harus mempunyai sebuah interaksi / hubungan? Dan bagaimana itu dapat terjadi dan dapat dikatakan sebagai sebuah interaksi / hubungan?
Sekarang kita
bahas terlebih dahulu sejarah terbentuknya sebuah hubungan manusia dengan
komputer. Awal munculnya pencetusan adanya hubungan antara komputer dengan
manusia yaitu pada tahun 1970-an.
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user
interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface
(MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna
sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Lalu pada
pertengahan tahun 1980-an muncullah sebuah bidang studi yang baru kita kenal
dengan human-computer interaction (HCI) yaitu sebuah bidang studi yang
tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik tetapi mempunyai focus
yang lebih luas. Tidak hanya dengan fisiknya saja.
HCI
didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan,
evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh
manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat
agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly).
Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna
merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful,
Usable, Used
Useful: fungsional, dapat
mengerjakan sesuatu
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu
dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
Used: Terlihat baik, tersedia dan
diterima/digunakan oleh organisasi
Itulah kilasan tentang sejarah awal munculnya pengenalan
tentang interaksi / hubungan manusia dengan computer. Pembahasan selanjutnya
yaitu Paradigma interaksi / hubungan manusia dengan computer
Paradigma Interaksi Manusia dengan
Komputer
Paradigma : Sistem interaktif yang berhasil /sukses pada umumnya
diyakini akan mening-katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.
Jenis
Paradigma
1.
Time-Sharing
♦ Satu komputer yang mampu mendukung
(dapat digunakan oleh) multiple user
♦ Meningkatkan keluaran (throughput)
dari sistem
2.
Video Display Units (VDU)
♦ Dapat
memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang
berbeda
♦ Mampu
memvisualisasikan abstraksi data
3. Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
♦ Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan
produktivitasnya
4.
Komputer Pribadi (Personal Computing)
♦ Mesin berukuran kecil yang
powerful, yang dirancang untuk user tunggal.
5. Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons,
Menus and Pointers)
♦ Interaksi Manusia dan Komputer M2
- Prinsip, Paradigma Interaksi & Desain Proses 2/13
♦ Sistem window memungkinkan user
untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang
berbeda
6. Metapora (Metaphor)
♦ Metapora
telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep
tersebut telah dipahami sebelumnya.
Contoh
metapora (dalam domain PC):
♦ Spreadsheeet adalah metapora dari
Accounting dan Financial Modelling
♦ Keyboard
adalah metapora dari Mesin Tik
7.
Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
♦ Manipulasi Langsung memungkinkan
user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat.
♦ Contoh Direct Manipulation adalah
konsep WYSIWYG (what you see is what you get)
8. Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
♦ Bahasa digunakan oleh user untuk
berkomu-nikasi dengan interface
♦ Aksi
dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user
9. Hypertext
♦ Penyimpanan informasi dalam format
linear tidak banyak mendukung pengaksesan infor-masi secara random dan browsing
asosiatif.
♦ Hypertext
merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang
memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random.
10.
Multi-Modality
♦ Sistem multi-modal interaktif
adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan
(channel) komunikasi pada manusia.
♦ Contoh channel komunikasi pada
manusia : visual (mata), haptic atau peraba (kulit), audio (telinga).
11. Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)
♦ Perkembangan jaringan komputer
memung-kinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu
kesatuan grup.
♦ Sistem CSCW dirancang untuk
memungkin-kan interaksi antar manusia
melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk.
♦ Contoh CSCW: e-mail (electronic
mail)
Dari pembahasan di atas, sekarang saatnyalah saya membahas
lebih mendalam yang merupakan inti dari materi ini.
IMK (Interaksi Manusia Dengan Komputer) merupakan suatu
kondisi dimana terdiri dari sebuah proses, kegiatan, dan dialog yang dengan
melaluinya pengguna dapat berinteraksi dengan computer. Maksudnya yaitu adanya
sebuah proses timbal balik antara pengguna dengan computer sehingga dalam
penyelesaian masalah atau suatu kegiatan dapat dielesaikan dengan waktu yang
sesingkat mungkin.
Model IMK melibatkan 3 komponen
yaitu :
♣ Pengguna
♣ Interaksi
♣ Sistem
Tujuan
interaksi manusia dengan komputer
- Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam
mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan
selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia
dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat
akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
- Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa
hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer
adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat
membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya
dalam membuat suatu pekerjaan. dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa
panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi: Manusia mewujudkan fisiologi yang
diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata dapat
melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang luas dari
suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat
mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling
sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini
akan terus di Internet. Audio konten juga umumnya
dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga
akan terus di Internet.
Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara
Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi
'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan,
telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini
adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin
dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk
komunikasi dominan, suara
memainkan peran penting dalam hidup kita.
Konsep Dasar Interaksi Manusia
dengan Komputer
- WYSIWYG (What You See is What You Get) : merupakan
salah satu prinsip
dasar
dalam mendesain interaksi antarmuka aplikasi yang ramah pengguna.
- Fokus awal pada pengguna dan tugas : Yaitu menetapkan
banyaknya pengguna
yang dibutuhkan untuk melakukan
tugas-tugas dan menentukan siapa
pengguna yang tepat untuk
melakukannya.
- Pengukuran empiris : Menguji antarmuka awal dengan pengguna
yang nyata
yang selalu kontak dengan antarmuka pada dasar harian.
- Desain iteratif (berulang) : Setelah
menentukan pengguna, tugas, dan pengukuran empiris, selanjutnya melakukan
desain iteratif berikut dengan langkah :
o
Desain antarmuka
o
Pengujian
o
Hasil Analisa
o
Pengulangan
Mengapa IMK sangat dibutuhkan?
Dari
pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Interaksi antara Manusia
dengan Komputer(IMK) sangatlah penting dan saling berkaitan satu sama lain. Mengapa
demikian? Karena tanpa komputer maka manusia tidak dapat mengerjakan suatu
kegiatan atau aktivitas yang memerlukan sebuah alat teknologi yang canggih. Begitu
pun dengan computer tanpa adanya manusia maka komputer hanyalah barang
rongsokan yang tidak berguna bagi siapa pun karena tidak ada yang
mengoperasikan alat tersebut (komputer). Dengan menggunakan komputer manusia
dapat mengerjakan aktivitas dan kegiatannya dengan mudah dan komputer dengan
adanya manusia maka akan berkembang menjadi suatu alat yang canggih dan dapat
berguna dan bermanfaat bagi kehidupan manusia di alam ini.
Daftar Pustaka :
http://irawanversie.blogspot.com/2013/01/interaksi-manusia-dan-komputer.html
0 comments:
Posting Komentar