I ROBOT

I ROBOT

Film I Robot merupakan film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Alex Proyas dan diproduksi oleh John Davis, Topher Dow, Wyck Godfrey, Laurence Mark dan Will Smith. Naskah ini ditulis oleh Jeff Vintar, Akiva Goldsman, dan Hillary Seitz. Will Smith sebagai pemeran utama pada film ini, yaitu sebagai Detektif Del Spooner, yang membenci dan tidak menyukai robot integrasi mereka ke dalam kehidupan manusia sehari-hari. Anggota lain dari pemain termasuk Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf.
Cerita terjadi di Chicago 2035, di sebuah dunia di mana robot yang sering dilihat dan digunakan sebagai pelayan. Del Spooner (Smith) adalah seorang detektif polisi Chicago yang tidak menyukai kemajuan pesat teknologi, termasuk robot. Hal ini disebabkan oleh robot menyelamatkan Spooner dari kecelakaan mobil di mana seorang gadis di mobil lain tenggelam; robot lebih memilih untuk menyelamatkan dia bukan gadis tersebut karena sudah diperhitungkan bahwa ia memiliki probabilitas terbaik untuk bertahan hidup.
         Waktu dengan korban bersalah dan lengan mekanis dari kecelakaan, Spooner dikirim untuk menyelidiki bunuh diri jelas Dr Alfred Lanning (Cromwell), seorang ilmuwan di US Robotics (USR). Spooner mencurigai bahwa Lanning dibunuh dan, dengan bantuan enggan USR robopsychologist Susan Calvin (Moynahan), mencari jawaban atas misteri. Tidak seperti model lama, robot model baru USR NS-5 yang dikendalikan dari perusahaan superkomputer viki (Virtual Interactive Kinetic Intelligence); Spooner percaya bahwa yang mandiri, eksperimen, dan lebih manusiawi seperti NS-5 unit, Sonny (Tudyk), membunuh Lanning. Jika benar, robot memecah Tiga Hukum Robot, dan mungkin pertanda robot berbahaya lainnya, yang akan menjadi bencana bagi bisnis USR. Spooner menginformasikan kepala USR, Lawrence Robertson (Davidson); ia Calvin untuk menonaktifkan perintah Sonny.
Spooner belajar bahwa Sonny Lanning memberikan kemampuan untuk menyimpan rahasia, dalam bentuk mimpi. Dia pergi ke tempat yang Sonny jelaskan dalam mimpinya (yang sekarang sudah kering Danau Michigan, digunakan sebagai tempat penyimpanan tidak berfungsi USR robot) dan menemukan bahwa NS-5s menghancurkan robot yang lebih tua, yang independen dari kontrol pusat dan dengan demikian tidak dapat ditumbangkan. NS-5s sekitar Chicago dan bangsa mulai memenjarakan manusia dalam rumah tangga mereka dan memaksa mereka yang di luar untuk pulang. Manusia dan pertempuran robot, tetapi robot lebih kuat dan lebih cepat. Spooner menyelamatkan Calvin dari robot sendiri dan keduanya menyelinap ke kampus USR dengan bantuan Sonny (Calvin telah dinonaktifkan NS lain-5 unit sebagai gantinya). Percaya bahwa Robertson bertanggung jawab atas robot pemberontakan mereka masuk kantornya, tapi menemukan bahwa Robertson sudah mati. Spooner menyimpulkan bahwa satu-satunya yang tersisa yang bisa bertanggung jawab adalah Viki yang tidak hanya mengendalikan semua NS-5s tetapi juga mengontrol sebagian infrastruktur Chicago.
Tiga Hukum Meskipun pemrograman, seperti kecerdasan buatan viki berevolusi, demikian pula dengan penafsiran hukum. Viki memutuskan bahwa untuk melindungi umat manusia secara keseluruhan “beberapa manusia harus dikorbankan dan beberapa kebebasan harus menyerah”, sebagai “Anda mengisi kami dengan penyimpanan Anda, namun Anda upah toxify perang dan bumi Anda”. Komputer ini mengendalikan NS-5s untuk memimpin pengambilalihan robot global, membenarkan tindakannya dengan menghitung bahwa sedikit manusia akan mati karena pemberontakan daripada jumlah yang mati dari diri manusia bersifat merusak. Viki Lanning menemukan rencana dan Sonny memerintahkan untuk membunuhnya sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk mengalahkan komputer. Sonny membuktikan kesetiaan kepada umat manusia dengan membantu Spooner dan Calvin melarikan diri Viki’s robot penjaga. Mereka berhasil menghancurkan inti komputer; dibebaskan dari Viki’s kontrol, NS-5s kembali normal dan infrastruktur Chicago diaktifkan kembali. Pemerintah telah semua NS-5’s dinonaktifkan dan disimpan di Danau Michigan situs, tapi film menyiratkan bahwa Sonny mungkin belum menjadi pemimpin robot.

Pemain film I, Robot:
Will Smith sebagai Det. Del Spooner
Bridget Moynahan sebagai Dr. Susan Calvin
Alan Tudyk sebagai Sonny
Bruce Greenwood sebagai Lawrence Robertson
James Cromwell sebagai Dr. Alfred Lanning
Chi McBride sebagai Lt. John Bergin
Shia LaBeouf sebagai Farber
Fiona Hogan sebagai VIKI
Terry Chen sebagai Chin
Adrian Ricard sebagai Granny ("Gigi")


            Pada film I Robot dapat kita lihat begitu pesat perkembangan teknologi yang digambarkan atau diperlihatkan di film tersebut. Perkembangan teknologi seperti adanya mobil dengan penyetiran secara otomatis, sistem pengamanan sebuah perusahaan yang sudah diatur sedemikian rupa dan memungkinkan hampir semua pekerjaan manusia dapat dikerjakan oleh robot, seperti pekerjaan pembantu rumah tangga, pembuangan sampah, dan pekerjaan manusia yang lainnya. Dengan adanya robot tersebut memberikan beberapa keuntungan bagi manusia diantaranya, yaitu : meringankan pekerjaan manusia, mempercepat penyelesaian pekerjaan manusia, dan dapat memahami apa yang manusia butuhkan dari mereka. Namun di samping itu, ada pula kerugian dengan adanya robot tersebut diantaranya, yaitu : banyak pekerjaan yang dilakukan oleh robot sehingga menyebabkan manusia kehilangan pekerjaannya. Selain itu, kerugian lainnya yaitu ketika system atau program pada robot terjadi kerusakan yang sangat fatal dan dapat menyebabkan resiko yang tinggi untuk manusia. Apa yang seharusnya ia lakukan akan terbengkalai bahkan dapat berbuat sebaliknya. Sebuah kebaikan akan berubah menjadi kejahatan. Seorang teman dapat berbubah menjadi musuh. Semua tingkah lakunya akan bertolak belakang dengan tujuan utana dibuatnya robot tersebut. Sehingga dunia ini akan terjadi kehancuran dan tidak tertata lagi dengan baik. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa di bidang IT harus memperhatikan saat menciptakan suatu teknologi dan memikirkan resiko apa yang didapat saat teknologi itu tidak dapat berfungsi lagi dengan baik. 
Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar